Hubungan Keterampilan Mengajar Guru dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi

Penulis

  • Irfan universitas halu oleo
  • Asriyani Mulia Basri Universitas Halu Oleo
  • Rusdiana Tugy Universitas Halu Oleo

Kata Kunci:

keterampilan mengajar guru, hasil belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan keterampilan mengajar guru dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Kendari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang banyak dituntut menggunakan angka-angka sebagai pengelolahan sampai penyajian hasilnya. Instrumen penelitian menggunakan angket untuk variabel (X) sebanyak 40 pertanyaan dan dokumentasi sedangkan hasil belajar (Y) menggunakan nilai hasil rapor mata pelajaran akuntansi. Uji prasyarat analisis yang digunakan uji normalitas dan uji linearitas. Uji hipotesis yang digunakan regresi linear sederhana dan korelasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan signifikan keterampilan mengajar guru dengan hasil belajar siswa mata pelajaran akuntasi di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Kendari. Hal ini didasarkan pada hasil output SPSS pada uji hipotesis menggunakan regresi linear sederhana dan korelasi menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,010 < 0,05 dengan hasil analisis yang menggunakan analisis korelasi produk moment terdapat nilai rhitung=0,996 >0,361 yang hubungannya tergolong kuat.

Referensi

Atika 2013. Hubungan Antara Keterampilan Mengajar Guru Dalam Mengjar Dengan Hasil Belajar PKN Siswa. Jurnal pendidikan UNJ Volume 1 Nomor 2, ISSN 2337-5205

Djamarah. (2014). keterampilan mengajar guru. Jakarta : Rineka Cipta

Feronita Ana, (2015). Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Siswa”,Economic Education Analysis Journal, Vol. 2No 4, http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj.

Nana Sudjana, (2006). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, (Bandung: PT Remaja Posdakarya, , hal. 2

Rahma, S. dan Sudirman. (2021). Hubungan Keterampilan Dasar Mengajar Guru dengan Minat Belajar Siswa Kela tinggi di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan

& Pembelajaran Sekolah Dasar. 1(2).

Rusman. (2016). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindi Persada.

Ramayulis. (2013). Profesi dan Etika Keguruan. Jakarta: Kalam Mulia.

Suwarna. (2013). Modul pelatihan pengembangan keterampilan dasar teknik instruksional (pekerti). Yogyakarta: UNY (pusat perkembangan kurikulum internasional dan sumber belajar kembaga pengembangan dan penjaminan mutu pendidikan).

Saputra, S. (2020) Hubungan Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Siswa di MTs NU 13 Hargomulyo Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

Surakhmad. S. (2016) .Pengantar Penelitian Ilmiah Dasar Metode dan Teknik. Bandung

:Tarsito

Slameto, (2010). Belajar Dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya,.Jakarta: Bina Aksara, hal.

-60

Susanto. S. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Wahyulestari. (2018. Hubungan Keterampilan Mengajar Guru dengan Hasil Belajar IPA siswa kelas V SDN Gugus 2 Sandubaya Tahun Ajaran 2016/2017. Mataram : Skripsi

Diterbitkan

2024-02-15

Cara Mengutip

Irfan, Mulia Basri, A., & Tugy, R. (2024). Hubungan Keterampilan Mengajar Guru dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi . Accounting: Jurnal Pendidikan Akuntansi, 4(1), 1–9. Diambil dari https://accounting.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/72