Hubungan Keterampilan Mengajar Guru Dengan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Akuntansi Di SMA Negeri 12 Bombana

Authors

  • Deliana Wulandari Universitas Halu Oleo
  • La Taena Universitas Halu Oleo
  • Ramly Universitas Halu Oleo

Keywords:

keterampilan mengajar guru, motivasi belajar siswa

Abstract

Keterampilan mengajar guru sangat diharapkan pada sangat mengajar ini untuk meningkatkan motivasi belajar siswa sekalian meningkatkan hasil belajar siswa. penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui keterampilan mengajar guru akuntansi di SMA Negeri 12 Bombana, (2) untuk mengetahui motivasi belajar siswa pada pembelajaran akuntansi di SMA Negeri 12 Bombana, (3) untuk mengetahui ada tidaknya hubungan keterampilan mengajar guru dengan motivasi belajar siswa pada pembelajaran akuntansi di SMA Negeri 12 Bombana. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang banyak dituntut menggunakan angka-angka sebagai pengelolahan sampai penyajian hasilnya. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPS berjumlah 57, siswa kelas XII IPS berjumlah 46 dan Jumlah sampel penelitian ini 51 orang siswa yang ditentukan menggunakan rumus Taro Yamane/Slovin. Instrumen penelitian menggunakan angket untuk variabel keterampilan mengajar guru (X) sebanyak 40 pertanyaan sedangkan variabel motivasi belajar (Y) sebanyak 30 pertanyaan. Uji prasyarat analisis yang digunakan uji normalitas dan uji linearitas. Uji hipotesis yang digunakan regresi linear sederhana dan korelasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan signifikan antara keterampilan mengajar guru dengan motivasi belajar siswa pada pembelajaran akuntansi di SMA Negeri 12 Bombana. Hal ini didasarkan pada hasil output SPSS pada uji hipotesis menggunakan regresi linear sederhana dan korelasi produk moment   menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,008 < 0,05 dengan hasil analisis yang menggunakan analisis korelasi produk moment terdapat nilai Sig. (2-tailed) rhitung > rtabel = 0,367 > 0,281. Berdasarkan hasil uji tersebut dapat disimpulkan bahwa ada hubungan signnifikan antara keterampilan mengajar guru dengan motivasi belajar siswa pada pembelajaran akuntansi di SMA Negeri 12 Bombana.

References

Agustina, P & Alanindra, S. (2017) Profil Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Calon Guru Biologi pada Matakuliah Microteaching. Vol.V No.1, 18-28.

Alwiyah, D & Nani,I. (2018). Keterampilan Mengajar Guru Dan Kesiapan Belajar Siswa Sebagai Determinan Terhadap Hasil Belajar Siswa. Vol. 3 No.4, - 95.

Andriani, R & Rasto, R. (2019). Motivasi Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1).

Alma, B, dkk. (2010). Guru Profesional – Menguasai Metode Dan Terampil Mengajar. Bandung: Alfabeta. CV.

Arifin, B.S. (2015). Psikologi Sosial. Bandung: CV Pustaka Setia. Aunurrahman, 2012, Belajar dan Pembelajaran, Bandung:Alfabeta.

Elfrianto, dkk. (2015). Sukses Pembelajaran Micro. Bandung : Citapustaka Media. Hamdayama, Jumanta. (2016). Metodologi Pengajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Hamzah, B.U. (2017). Teori Motivasi Dan Pengukurannya (Analisis dibidang pendididkan). Jakarta: Bumi Aksara.

Irawati, H. (2020). Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Calon Guru Biologi di Pendidikan Biologi FKIP UAD. Vol. 9, No. 1, Hal 33-39.

Khodijah, Nyayu. 2014. Psikologi Pendidikn. Jakarta: Rajawali Pers.

Kunandar. (2012). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.

Nugrahadi, E.W. dan Tina, N. (2018). Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru dan Pemanfaatan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS di SMA Dharma Pancasila T.A 2016/2017.

Nurwahidah, I. (2020). Kemampuan Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Calon Guru Ipa Program Studi Pendidian IPA. Vol. 1, No. 2. ISSN Cetak : 2715-9760 ISSN Online : 2715-9779.

Rusman. (2013). Metode-Metode Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Rohima, dkk. (2021). Analisis Keterampilan Mengajar Guru IPA Pada Masa Pandemi di SMP Islam Terpadu Se-Kota Palembang. Volume 07, Nomor 04, Hal.136-144.

Sardiman, A.M. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Suwarna, P.I. (2013). Analisis Miskonsepsi Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Fisika Melalui CRI (Certainty of Responses Index) Termodifikasi.FITK UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Sefani, L.L. (2017). Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru Dan Kesiapan Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Melalui Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intervening Siswa Kelas XI Is SMA Negeri 14 Semarang. Volume 6, Nomor 1.

Suhana, C. (2014). Konsep Strategi Pembelajaran (Edisi Revisi). Bandung: Refika Aditama.

Sundari, F.S, dan Yuli, M. (2017). Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa PGSD. Vol 1, No 1.

Wahyulestari, Mas Roro Diah. (2018). “Kompetensi Minimal Seorang Guru Dalam Mengajar”. Seminar Nasional Pendidikan Era Revolusi Universitas Muhamadiyah Jakarta.

Wijarini dan Ilma. (2017). Analisis Keterampilan Mengajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi Universitas Borneo Tarakan Sebagai Calon Guru Melalui Kegiatan PPL. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia Vol. 3 No. 2 Hlm. 149-159

Downloads

Published

2024-02-27

How to Cite

Wulandari, D., Taena, L., & Ramly. (2024). Hubungan Keterampilan Mengajar Guru Dengan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Akuntansi Di SMA Negeri 12 Bombana . Accounting: Jurnal Pendidikan Akuntansi, 4(1), 19–29. Retrieved from https://accounting.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/74