Pengaruh Media Pembelajaran Canva terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Makassar

Penulis

  • Arviny Dian Saputri Universitas Negeri Makassar
  • Sitti Hajerah Hasyim Universitas Negeri Makassar
  • Samsinar Universitas Negeri Makassar

Kata Kunci:

Canva, Media Pembelajaran, Motivasi Belajar

Abstrak

Pendidikan merupakan hal penting yang dibutuhkan oleh manusia sebagai makhluk yang dibekali dengan kemampuan berpikir dan berakal. Studi ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui korelasi antara media pembelajaran canva terhadap motivasi belajar mahasiswa program studi pendidikan akuntasi universitas negeri makassar. Pada studi ini digunakan variable bebas (independent) yakni penggunaan media pembelajaran canva serta motivasi belajar sebagai variable terikat (dependent). Metode yang digunakan dalam studi ini adalah metode kuantitatif yang menitik beratkan pada analisis statistik terhadap data yang disajikan dalam bentuk angka. Data yang dipergunakan berasal dari populasi mahasiswa pendidikan akuntansi universitas negeri makassar tahun Angkatan 2019 dengan jumlah sampel yang diambil sebanyak 45 mahasiswa sebagai responden dan ditarik menggunakan Proportionate Stratified Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi. Dengan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji instrument dan uji hipotesis. Hasil analisis mengonfirmasi hipotesis yang diajukan dan memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang pentingnya penggunaan media pembelajaran dalam meningkatkan motivasi belajar mahasiswa.

Referensi

Adam, S., Msi, M., & Taufik Syastra, M. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X SMA Ananda Batam. In 78 CBIS Journal (Vol. 3, Issue 2).

Arsyad, A. (2019). Media Media Pembelajaran. Rajawali.

Cleopatra, M. (2015). Pengaruh gaya hidup dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(2).

Endaryono, E., Mahyudi, M., & Saputra, A. (2023). Penggunaan Aplikasi Canva Untuk Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Learning Management System di Ma As-Syafi’iyah 01 Manggarai Selatan. J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(9), 6521-6530.

Kharissidqi, M. T., & Firmansyah, V. W. (2022). Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Yang Efektif. Indonesian Journal of Education and Humanity, 2(4), 108-113.

Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Prenada Media.

Masni, H. (2017). Strategi meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 5(1), 34-45.

Ningrat, S. P., Tegeh, I. M., & Sumantri, M. (2018). Kontribusi gaya belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 257-265.

Oemar, H. (2015). Proses Belajar Mengajar. PT Bumi Aksara.

Pelangi, G., Syarif, U., & Jakarta, H. (2020). Pemanfaatan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia jenjang SMA/MA. Jurnal Sasindo Unpam, 8(2), 79-96.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915.

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2, 1–8.

Sanaky, A. H. (2019). Media Pembelajaran. Safiria Insania Pers.

Sari, L. S., & Fatonah, S. (2022). Pengaruh media pembelajaran berbasis aplikasi Canva terhadap motivasi dan hasil belajar IPA siswa kelas IV. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 1699-1703.

Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva Sebagai Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika Dan Informatika, 7, 79–85.

Diterbitkan

2023-11-07

Cara Mengutip

Arviny Dian Saputri, Hajerah Hasyim , S., & Samsinar. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Canva terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Makassar. Accounting: Jurnal Pendidikan Akuntansi, 3(3), 201–211. Diambil dari https://accounting.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/45