Penerapan E-Commerce Untuk Pemasaran Dan Peningkatan Penjualan Usaha Kecil Menengah (UKM)

Authors

  • Nanik Hindaryatiningsih Universitas Halu Oleo
  • Wiwin Bulawan Universitas Halu Oleo
  • Asriyani Mulia Basri Universitas Halu Oleo

Keywords:

IFAS dan EFAS, Penjualan, Pemasaran, SWOT, UKM, E-commerce

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) penerapan e-commerce dalam memperluas pemasaran UKM “12Store” dan (2)  faktor internal dan eksternal e-commerce dalam meningkatkan penjualan UKM “12Store”. Jenis penelitian ini ialah penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di “12Store” Kota Kendari. Teknik Pengambilan data melalui wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Informan penelitian ini ialah owner, admin dan customer “12Store”. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis Miles & Huberman dan Analisi SWOT. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa (1) Penerapan e-commerce pada UKM “12Store” dalam memperluas penjualannya dilakukan melalui empat aplikasi yaitu Instagram (66,7%), WhatsApp (26,7%), Shopee (40%), dan Facebook (6,7%). (2) Faktor internal dan eksternal e-commerce dalam meningkatkan penjualan yang telah dilakukan oleh “12Store” berdasarkan diagram SWOT berada di Kuadran I pada posisi  “keunggulan bersaing” atau situasi yang menguntungkan. Sehingga strategi pemasaran yang harus diterapkan adalah agresif mendukung pertumbuhan (Growth Oriented Strategy). Strategi strength-opportunity dengan pertumbuhan agresif dilakukan dengan menggabungkan antara peluang dan kekuatan yang dimiliki UKM., antara lain: peningkatan kerjasama dengan pemerintah melalui pelatihan e-commerce dan dukungan modal kerja untuk meningkatkan kualitas e-commerce.

References

AA, Saputra. (2017). Analisis dan Rekomendasi Strategi E-commerce pada Usaha Kecil Menengah Batik Sokaraja, Jurnal Pro Bisnis, Vol 10, No 1, pp. 19-35

Burges, et al.,(2003). ”Factors Affecting Adoption of Electronic Commerce Technologiies by SMEs:an Australian Study”Journall of Small business and Enterprise Development, Vol. 10 No. 3

Febriantoro, Wicaksono (2018). Kajian dan Strategi Pendukung Perkembangan E-commerce bagi UMKM di Indonesia. Jurnal Manajerial, Vol. 3 No. 5

Gauthama,- Margaret P. (1999). Penerapan Teknologi Tepat Guna pada Pengrajin Gerabah di Desa Banyumelek. Lombok Barat dalam Alkadri, Muchdi.

Hanny, Rissa. Analisis Penggunaan Ecommerce Terhadap Peningkatan Pendapatan UMKM Kuliner Kecamatan Sawangan-Depok. Jurnal Manajemen, Universitas Pamulang, Vol. 7, No. 1 2020.

Karyatiningsih, Ripah. (2011). Penerapan E-commerce dalam Menunjang Strategi Bisnis Perusahaan Kasus di PT. Cheil Jedang Superfeed (CJS). Makalah, Program Pasca Sarjana Manajemen dan Bisnis ITB, Bogor.

Lovelock, Christoper, Wirtz, Jochen, Mussry, Jacky. (2010) Pemasaran Jasa Manusia Teknologi Strategi. Cetakan ketujuh, Penerbit Erlangga, Jl.H.Baping Raya No.100.

Maupa, H., Jusri, Taba, I.M., & Baumassepe, A.N. (2019). Penerapan E-commerce Pada Usaha Kecil dan Menengah Di Sulawesi Selatan. 6014, 106-112.

Miranda, Eka (2013). Pemakaian E-commerce Untuk Usaha Kecil Menengah Guna Meningkatkan Daya Saing. Comtech Vol. 4 No. 5.

Muntahama, Hani Atun,. Nita,S. & Tito, A. W. (2017). khazanah informatika Pemanfaatan Web E-commerce untuk Meningkatkan Strategi Pemasaran., 3. (1) 6-15 Retrieved from http://journals.ums.ac.id/index .php/khif/article/view/3309/2784

Nugrahani, Dewi Shanti (2011). E-commerce Untuk Pemasaran Produk Usaha Kecil Dan Menengah. Jurnal Manajemen dan Bisnis, No. 1.

Nuryani (2001). E-commerce. dalam berita pajak No. 1438/Tahun XXXIII, hlm.2

Nuryanti (2013). Peran E-commerce Untuk Meningkatkan Daya Saing Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Jurnal Ekonomi, Vol. 21, No. 4

Retzen Lupi, dkk (2016). Analisis Strategi Pemasaran dan Penjualan E-commerce Pada Tokopedia.Com. Jurnal Elektronik Sistem Informasi, Vol. 2 No. 1

Saputra, A. (2017). Analisis dan Rekomendasi Strategi E-commerce Pada Usaha Kecil dan Menengah Batik Sokaraja. Jurnal Pro B Isnis, 10 (1), 19-35.

Suyanto. (2005). Aplikasi IT untuk UKM menghadapi persaingan Global. Yogyakarta: Kedaulatan Rakyat. Artikel.

Downloads

Published

2024-03-05

How to Cite

Hindaryatiningsih, N., Bulawan, W., & Mulia Basri, A. (2024). Penerapan E-Commerce Untuk Pemasaran Dan Peningkatan Penjualan Usaha Kecil Menengah (UKM) . Accounting: Jurnal Pendidikan Akuntansi, 4(1), 41–49. Retrieved from https://accounting.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/90