Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization

Authors

  • feby feby UHO
  • Ramly Universitas Halu Oleo
  • Asriyani Mulia Basri Universitas Halu Oleo

Keywords:

Hasil Belajar, Team Assisted Individualization

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas mengajar guru, aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Akuntansi Keuangan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization di kelas XI AKL 3 SMK Negeri 1 Kendari. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan mengikuti siklus pembelajaran. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi dan tes hasil belajar. Jenis data yang dianalisis yaitu data kualitatif diperoleh dari lembar observasi dan data kuantitatif diperoleh dari tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan aktvitas mengajar guru mengalami peningkatan dari siklus I yaitu 81,25% dan siklus II menjadi 95,83%. Pada aktivitas belajar siswa dari siklus I rata-rata persentase yaitu 67,60% dan meningkat pada siklus II yaitu dengan rata-rata persentase 85,03%. Data hasil belajar siswa pada siklus I mencapai nilai rata-rata 78,96 dengan persentase ketuntasan 69,70%. Kemudian pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai nilai rata-rata 84,69 dan persentase ketuntasan 93,94%. Sehingga dapat disimpulkan dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization dapat meningkatkan aktivitas mengajar guru, aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa kelas XI AKL 3 SMK Negeri 1 Kendari

References

Aprilianti, L., Irawati, S., & Kasrina. (2018). Peningkatan Sikap Ilmiah Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Model Problem Based Learning. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 2(1).

Cahyaningsih, U 2018, Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika, Jurnal Cakrawala Pendas, vol. 4, no. 1.

Daryanto 2012, Model Pembelajaran Inovatif: Gava media.

Habibah, U. (2013). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Madrasah Ibtidaiyah Melalui Model Paikem. Journal Of Elementary Education, 2 (4).

Kartikahadi, Hans, dkk 2016, Akuntansi Keuangan Berdasarkan SAK Berbasis IFRS. Jakarta: IAI.

Kurniasih, I., & Sani, B. (2014). Penelitian Tindakan Kelas (4th ed). Kata Pena.

Juniati 2017, Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Drill Dan Diskusi Kelompok Pada Siswa Kelas VI SD.

Megawati, Y D & Sari, A R 2012, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Banjarnegara Tahun Ajaran 2011/2012, Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, vol. 10, no. 1.

Muah, T 2016, Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (Pbi) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 9b Semester Gasal Tahun Pelajaran 2014/2015 Smp Negeri 2 Tuntang – Semaran, 6(1).

Noviana 2014, Peningkatan Hasil Belajar Menyusun Laporan Keuangan Perusahaan Jasa Dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI), Economic Education Analysis Journal, 2(3).

Nuraeni, A, Rosita, T & Novianti, I 2022, Pengaruh Penggunaan Metode Team Assisted Individualization (TAI), Student Team Achievement Division (STAD) dan Percaya Diri Dalam Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V Di SDN Gugus I Kecamatan Cilincing, Naturalistic; Jurnal Kajian Penelitian dan Pendidikan dan Pembelajaran, Vol. 6, No. 2.

Nurrita 2018, Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa, Vol. 3, no. 1.

Nurzakiaty, I 2015, Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (Tai) Dalam Pembelajaran Integral Di Kelas Xii Ipa-2 Sma Negeri 8 Banda Aceh, Jurnal Peluang, vol. 3, no. 2.

Palgunadi, K A, dkk 2021, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Pada Pembelajaran Teknik Dasar Lompat Jauh, vol. 2, no. 2, hh 218.

Rambe, K 2018, Penerapan Strategi Index Card Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, Jurnal Eksponen, Vol. 9, No. 2.

Ramlan 2013, Meningkatkan Self-Efficacy Pada Pembelajaran Matematika Melalui Model Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) Pada Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 27 Makassar, Jurnal matematika dan pembelajaran, vol. 8 no. 4, hh. 110-112. Diperoleh dari: http://journal.uin-alauiddin.ac.id

Satrianingsih 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mnulis Kreatif Naskah Drama Satu Babak Siswa Kelas VIII MTs. Swasta Labibia, Jurnal Humanika, Vol. 1, no. 16.

Slavin, R E 2014, Cooperative Learning: Teori, Riset, Dan Praktik, Bandung: NusaMedia.

Sudjana, N 2010, Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2024-03-01

How to Cite

feby, feby, Ramly, & Mulia Basri, A. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization . Accounting: Jurnal Pendidikan Akuntansi, 4(1), 30–40. Retrieved from https://accounting.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/88