Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving dan Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Pangkep

Authors

  • Sitti Aisah Universitas Negeri Makassar
  • Ridwan Tikollah Universitas Negeri Makassar
  • Samsinar Universitas Negeri Makassar

Keywords:

Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Mind Mapping, Problem Solving

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem solving dan mind mapping secara parsial dan simultan terhadap hasil belajar akuntansi siswa Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Pangkep. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, kuesioner (angket), dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase, uji instrumen, uji asumsi klasik dan uji hipotesis dengan menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran problem solving dan mind mapping secara simultan berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar dengan tingkat signifikan 0,024 < 0,05. Selain itu, model pembelajaran problem solving secara parsial berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar dengan tingkat signifikan 0,04 < 0,05 dan mind mapping secara parsial berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar dengan tingkat signifikan 0,005 < 0,05.

References

Ananda, R. 2019. Penerapan metode mind mapping untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 1-10.

Asmara, P. A. 2015. Penilaian Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Kimia Materi Kimia Unsur Menggunakan Mind Map di Kelas XII IPA Semester 1 SMA Negeri 1 Wonosari. Latanida Journal, 3(1), 34-54.

Firli, A., Rismayani, R., Sitorus, P. M. T., & Manuel, B. 2017. Implementing Mixed Method of Peer Teaching and Problem Solving on Undergraduate Students. Journal of Education Research and Evaluation, 1(1), 1-5.

Hamdan, T. A., & Khader, F. (2015). Alignment of Intended Learning Outcomes with Quellmalz Taxonomy and Assessment Practices in Early Childhood Education Courses. International Journal of Humanities and Social Science, 5 (3), 130-137.

Janah, F. N. M., Sulasmono, B. S., & Setyaningtyas, E. W. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Video Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1).

Kusnandar, D. 2019. Pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar kognitif dan motivasi belajar IPA. MADRASCIENCE: Jurnal Pendidikan Islam, Sains, Sosial, dan Budaya, 1(1), 17-30.

Lestari, I. 2015. Pengaruh waktu belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. Formatif: jurnal ilmiah pendidikan MIPA, 3(2).

Mulyatiningsih, Endang. 2017. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Prasetiya, L. A. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Kelas X OTKP di SMK Negeri 1 Jombang. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 6(2), 151-155.

Purwanto. 2016. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sari, Intan. 2019. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Dan Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Laju Reaksi Di MAN 1 Pidie.” UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Syafi'i, A., Marfiyanto, T., Rodiyah, S. K. 2018 Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa dalam Berbagai Aspek dan Faktor yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115-123.

Syahidah, N. 2015. Metode Pembelajaran Mind Mapping Sebagai Upaya Mengembangkan Kreativitas Siswa dalam Pembelajaran Ekonomi. Prosiding Seminar Nasional, 9, 108-117.

Windura, Sutanto. 2016. Mind Map Langkah Demi Langkah. Jakarta: PT. Gramedia.

Yustina, S., Irhasyuarna, Y., & Kusasi, M. 2015. Penerapan Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Koloid Kelas Xi Ipa Sma Negeri 4 Banjarmasin. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 6(2).

Zainuddin, Z., & Halili, S. H. 2016. Flipped classroom research and trends from different fields of study. International review of research in open and distributed learning, 17(3), 313-340.

Downloads

Published

2023-11-10

How to Cite

Aisah, S., Tikollah, R., & Samsinar. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving dan Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Pangkep. Accounting: Jurnal Pendidikan Akuntansi, 3(3), 212–224. Retrieved from https://accounting.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/49